Lapangan Pekerjaan Penduduk Sumatera Selatan

Data tentang distribusi sektoral penyerapan tenaga kerja dapat digunakan sebagai salah satu indikator untuk melihat kemampuan sektor-sektor ekonomi dalam menyerap tenaga kerja dan juga sebagai tolok ukur kemajuan perekonomian suatu daerah. Tahapan kemajuan perekonomian suatu negara dari tradisional menuju negara industri, salah satunya ditandai dengan adanya transformasi sektoral tenaga kerja dari sektor primer dengan produktivitas rendah ke sektor-sektor dengan produktivitas lebih tinggi yaitu sektor sekunder dan tersier. Sehingga, persentase tenaga kerja di sektor primer akan menurun dan sebaliknya pada sektor sekunder dan tersier akan meningkat.

Tabel 1. Persentase Penduduk yang Bekerja Menurut Lapangan Usaha Utama, 2006 – 2010

Sumatera Selatan masih tergolong sebagai daerah agraris, hal ini karena sumbangan sektor pertanian terhadap penyerapan tenaga kerja dan terhadap pembentukan produk domestik bruto (PDB) relatif masih dominan. Tabel 1 di atas menunjukan bahwa proporsi penduduk yang bekerja di sektor pertanian masih cukup tinggi pada tahun 2010 (58,05 persen) meskipun terus menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya . Setelah sektor pertanian, sektor yang cukup banyak menyerap tenaga kerja adalah sektor perdagangan dan sektor jasa-jasa. Distribusi ini tidak banyak berbeda dibandingkan tahun 2008 dan 2009.

Tabel 2. Persentase Penduduk yang Bekerja Menurut Kabupaten/Kota dan Lapangan Usaha Utama, 2010

Dilihat menurut kabupaten/kota, daerah-daerah yang mempunyai penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian paling tinggi pada tahun 2010 adalah Kabupaten OKU Selatan, OKI, Musi Rawas, Musi Banyuasin dan Banyuasin (di atas 75 persen). Di Kota Palembang, tenaga kerja sebagian besar terserap di sektor jasa-jasa (S) yaitu mencapai 77,61 persen. Di Kota Prabumulih dan Lubuklinggau meskipun sektor jasa-jasa (S) mempunyai penyerapan tenaga kerja tertinggi, tetapi sektor pertanian masih cukup besar, sebaliknya di Kota Pagaralam, sektor pertanian masih lebih tinggi penyerapannya dibandingkan sektor jasa-jasa (Tabel 2).

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s