Menghitung Ukuran Ketimpangan Pendapatan Kriteria Bank Dunia dengan Menggunakan SPSS

pks1

Salah satu indikator yang biasa digunakan untuk mengukur tingkat pemerataan pendapatan adalah indikator yang dikeluarkan oleh Bank Dunia. Indikator ini mengukur tingkat pemerataan pendapatan dengan memperhatikan persentase pendapatan yang diterima oleh 40 persen penduduk berpendapatan rendah. Tingkat ketimpangan pendapatan penduduk menurut kriteria Bank Dunia terpusat pada 40 persen penduduk berpendapatan terendah. Tingkat ketimpangan pendapatan penduduk ini digambarkan oleh porsi pendapatan dari kelompok pendapatan ini terhadap seluruh pendapatan penduduk, yang di golongkan sebagai berikut:
a. Memperoleh 17 persen,maka tingkat ketimpangan pendapatan di anggap rendah.

Menghitung ukuran ketimpangan pendapatan kriteria Bank Dunia harus menggunakan data individu. Dalam hal ini diperlukan data rata-rata pendapatan/pengeluaran per kapita setiap rumahtanga. Data pengeluaran rumahtangga per kapita tersedia pada Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas). Pada kesempatan ini saya akan menunjukkan tata cara menghitung ukuran ketimpangan kriterian Bank Dunia tersebut menggunakan data Susenas Panel 2010 dengan software SPSS versi 20.

Pertama-tama tentu saja menyiapkan data mentah Susenas yang di dalamnya sudah terdapat variabel rata-rata pengeluaran rumahtangga per kapita sebulan. Pada contoh ini telah ada variabel tersebut dengan nama kapita. Variabel kapita diperoleh dengan membagi besarnya pengeluaran rumahtangga sebulan dengan jumlah anggota rumahtangga. Selanjutnya pastikan variabel penimbang (faktor pengali) telah diaktifkan, biasanya dalam data Susenas digunakan variabel weind.

Kriteria Bank Dunia untuk ukuran ketimpangan pendapatan pada dasarnya adalah ukuran kuantil yaitu kuantil ke-40. Karena itu kita selanjutnya harus membentuk variabel baru yang menunjukkan posisi rumahtangga dalam ukuran kuantil rata-rata pengeluaran rumahtangga per kapita. Dalam SPSS, dapat menggunakan beberapa cara, meskipun yang termudah adalah dengan menggunakan: Transform — Rank Cases, sebagai berikut:

Masukkan variabel kapita, kemudian klik Rank Types dan beri tanda cek pada Ntiles dan isikan angka 5. Artinya kita akan membagi data kita menjadi 5 bagian, sehingga akan dipeoleh kuantil q1, q2, q3, q4 dan q5. Dalam kriteria bank dunia, yang ditampilkan adalah 40% persen rumahtangga dengan pengeluaran terendah (q1 dan q2), 40% rumahtangga dengan pengeluaran menengah (q3 dan q4) serta 20% rumahtangga dengan pengeluaran tertinggi. Dengan perintah ini akan terbentuk variabel baru dengan nama Nkapita. Jika ingin dibedakan misalnya antara perkotaan dan pedesaan, dapat dimasukkan variabel klasifikasi daerah ke kotak dialog BY. Variabel Nkapita ini merupakan variabel kategorik dengan 1 untuk q1, 2 untuk q2 dan seterusnya.

Karena kita harus membentuk kelompok 40, 40, 20, maka kita harus melakukan penggabungan kategori 1 dan 2 serta kategori 3 dan 4. Cara ini dapat dilakukan dengan modifikasi variabel menggunakan Transform kemuadian Record Into The Same Variable atau Record Into Different Variable. Cara ini tidak akan saya bahas, dan pada contoh ini saya menggunakan record into different variable untuk menghasilkan variabel KriteriaWB. Hasilnya Sebagai berikut:

Selanjutnya jalankan tabulasi dengan Menu Analyse — Tables — Custom Table. Masukkan variabel KriteriaWB ke row dan variabel Kapita ke column. Ganti Summary Statistics dari Count menjadi Sum. Setelah itu jangan lupa tambahkan Total.

Hasilnya sebagai berikut:

Selanjutnya dengan menggunakan Excel akan diperoleh berapa persen pendapatan yang dikuasai oleh 40 penduduk termiskin.

Selamat mencoba.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s